PT. Wukirasari

Social

Mengidentifikasi dan menghormati hukum dan hak-hak masyarakat adat di sekitar perusahaan, mengakomodir aspirasi dan tujuan masyarakat adat terkait aktivitas pengelolaan, tujuan akhir adalah berkontribusi untuk mempertahankan atau meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat lokal
MEKANISME RESOLUSI KONFLIK
Mengidentifikasi dan menghormati hukum dan hak-hak masyarakat adat di sekitar perusahaan, mengakomodir aspirasi dan tujuan masyarakat adat terkait aktivitas pengelolaan, tujuan akhir adalah berkontribusi untuk mempertahankan atau meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat lokal.

KEGIATAN PADIATAPA SINARA SEBELUM PRODUKSI
Kegiatan PADIATA atau SINARA Masyarakat Adat menyebut di PT Wukirasari, merupakan kegiatan yang wajib dilakukan sebelum kegiatan perasional dijalankan. Kegiatan ini merupakan persetujuan atas dasar informasi awal dari masyarakat terhadap PBPH untuk  melakukan kegiatan produksi pada hutan hak/ulayat mereka..







Dalam kerangka kerjanya PT Wukirasarimenjalankan proses yang harus ditempuh untuk mewujudkan tujuan yang ingin dicapai. Komitmen untuk melestarikan hutan baik dari sisi produksi dan ekologi serta kesejahteraan sosial harus berlandaskan pada legalitas nasional dan internasional. 

PELAYANAN PENGOBATAN GRATIS
Sebagai tanggung jawab perusahaan dari aspek sosial juga berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan pelayanan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat.





SEKOLAH ALAM
Dalam rangka mencerdaskan kehidupan masyarakat di sekitar PBPH, PT Wukirasari juga berusaha untuk memberikan pembelajaran informal sejak dini kepada anak-anak. Seperti belajar membaca dan berhitung yang dikemas menjadi sebuah permainan yang membuat suasana belajar lebih interaktif. Kedepan diharapkan kegiatan ini bisa terus ditingkatkan sehingga fasilitas belajar mengajar semakin baik. 





PEMBERIAN NUTRISI TAMBAHAN
Pemberian nutrisi kepada anak-anak masyarakat dimaksudkan untuk menambah asupan gizi anak-anak. Pemberian nutrisi biasa diberikan bersamaan dengan sekolah alam. Sisi lain yang di dapatkan dari tim pengajar adalah munculnya kepedulian terhadap sesama.





PEMBERIAN BANTUAN BIBIT 
PT Wukirasari memberikan bantuan kepada masyarakat tentang bibit HHBK yaitu tumbuhan masohi yang mana dari tumbuhan ini dapat menghasilkan minyak atsiri yang beraroma wangi. Kedepan harapannya masyarakat dapat mendapatkan hasil dari bibit yang mereka tanam. 






Kebijakan direksi tentang larangan pemberian fasilitas angkutan, senjata api untuk berburu dan perdangan satwa dilindungi.  Upaya lain untuk mendukung pelestarian satwa dilindungi, PBPH juga menyatakan dapur karyawan dilarang menerima satwa hasil buruan dari masyarakat sekitar ataupun karyawan sehingga celah perburuan semakin  sempit. Adapun masyarakat hanya untuk kebutuhan sehari-hari. 
PT Wukirasari mengajak seluruh karyawan untuk senantiasa menjaga tumbuhan dan satwa liar serta akan diberikan sanksi apabila melanggar. Selain itu juga seluruh karyawan wajib menjaga kawasan bernilai konservasi tinggi (NKT).