PT. Wijaya Sentosa

Social

PT. Wijaya Sentosa berkomitmen untuk melestarikan hutan, tidak hanya dari sisi produksi dan ekologi tetapi juga sosial. Mengidentifikasi dan menghormati hukum dan hak-hak masyarakat adat di sekitar perusahaan, mengakomodir aspirasi dan tujuan masyarakat adat terkait aktivitas pengelolaan, tujuan akhir adalah berkontribusi untuk mempertahankan atau meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat lokal
KEBIJAKAN PENGHORMATAN HAK ADAT
Dalam rangka memberikan penghargaan terhadap keberadaan masyarakat adat di dalam dan sekitar areal konsesi PT Wijaya Sentosa sesuai dengan visi misi yang ada, maka dengan ini Unit Managemen menyatakan akan selalu memberikan penghormatan kepada masyarakat adat

KEGIATAN SINARA SEBELUM PRODUKSI
Kegiatan Ritual & Syukuran Masyarakat Adat untuk memulai operasinal RKT (Sinara) menjadi salah satu wujud akan penghormatan terhadap hak-hak masyarakat adat dan merupakan tanda persetujuan operasional RKT dari Masyarakat tersebut. Kegiatan Ritual & Syukuran Adat memulai RKT (Sinara)  dilaksanakan sebelum RKT berjalan. Ritual Syukuran Adat memulai RKT (Sinara) dilaksanakan sesuai dengan tradisi adat dari masyarakat sekitar biasanya menyesuaikan dengan tradisi dari kampung pemilik hak ulayat dari RKT berjalan. Setiap kampung memiliki tradisi yang berbeda-beda. Ritual ini dipimpin oleh Kepala Suku atau tetua (petuanan). Tujuannya untuk meminta ijin kepada Yang Maha Kuasa sebagai pemilik alam semesta sekaligus meminta ijin kepada para leluhur sebelum melakukan kegiatan operasional dimana diyakini bahwa dengan proses ini maka segala kegiatan operasional akan berjalan dengan lancar dan terhindar dari mara bahaya



Dalam menciptakan hubungan kerja yang baik antara perusahaan dengan masyarakat adat PT Wijaya Sentosa mengatur mekanisme penyelesaian konflik yang adil dan bertanggung jawab sehingga tercipta lingkungan kerja yang kondusif. 

KEGIATAN SOSIALISASI OPERASIONAL PERUSAHAAN
Kegiatan sosialisasi-sosialisasi kepada masyarakat adat menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan operasional perusahaan PT. Wijaya Sentosa. Kegiatan Sosialisasi menjadi bagian yang penting karena menjadi wadah untuk mendapatkan kesepahaman arah dan tujuan dari kegiatan operasinal perusahaan dengan masyarakat adat sekitar. Kegiatan sosialisasi terus dilaksanakan  tiap tahunnya, mulai dari Sosialisasi Rencana Kerja Tahunan (RKT), Sosialisasi Rencana Kerja Program CSR, Sosialisasi Perlindungan & Pengamanan Hutan, Sosialisasi Kawasan Lindung, Sosialisasi Potensi Hasil Hutan Bukan Kayu, dll. 





Salah satu wujud tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat adat, PT Wijaya Sentosa melaksanakan beberapa kegiatan CSR (Corprate Social Responsibility). 

Penguatan Kelembagaan Sosial Ekonomi Berbasis Gender melalui Pengembangan Kelompok Usaha Bersama Pedagang Sayur dan Ikan Tangkapan Masyarakat sekitar PT. Wijaya Sentosa

Kehadiran perusahaan tentunya membawa dampak bagi kehidupan masyarakat sekitar. Salah satu dampak positif yakni dari segi ekonomi yakni terbukanya peluang berusaha yang secara langsung dapat memberikan tambahan penghasilan bagi masyarakat sekitar. Perusahaan menjadi satu target pasar bagi masyarakat yang ingin memperjualbelikan hasil dari kebun seperti sayuran dan buah buahan serta hasil dari laut yakni ikan tangkapan.



PROGRAM PERTANIAN MENETAP

PT Wijaya Sentosa terus berupaya dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, salah satunya melalui program CSR pertanian menetap. Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi sumber tambahan penghasilan masyarakat, juga untuk dapat merubah pola pertanian yang dilakukan secara berpindah-pindah menjadi menetap pada satu lokasi/lahan. Perusahaan memberikan stimulus berupa alat pertanian dan benih tanaman kemudian melakukan pendampingan dan monitoring berkala. Selain itu juga terdapat pemberian bibit tanaman contohnya durian dan pala.





PELATIHAN KETERAMPILAN MASYARAKAT (MAGANG)

Salah satu tanggung jawab sosial yang berusaha diwujudkan oleh PT Wijaya Sentosa kepada masyarakat adat adalah dengan merencanakan dan melaksanakan Program Peningkatan Keterampilan Masyarakat (Magang). Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan masyarakat sekitar, khususnya pemuda-pemuda dari kampung yang terletak di dalam dan di sekitar areal perusahaan. Fokus program magang tahun ini adalah di bidang mekanik. Sistem pelatihan tidak berubah dari tahun-tahun sebelumnya yakni pembelajaran dilakukan dengan mempelajari keterampilan mekanik dengan cara praktik atau mengaplikasikannya secara langsung di masing-masing bagian yang ada di Departemen Mekanik.



SEKOLAH ALAM

Dalam rangka mencerdaskan kehidupan masyarakat di sekitar PBPH, PT Wijaya Sentosa juga berusaha untuk memberikan pembelajaran informal sejak dini kepada anak-anak. Seperti belajar membaca dan berhitung yang dikemas menjadi sebuah permainan yang membuat suasana belajar lebih interaktif. Kegiatan Sekolah Alam ini juga diselingi dengan program CSR lainnya yakni pemberian nutrisi (makanan) tambahan bagi anak-anak.




PT Wijaya Sentosa mengajak seluruh karyawan untuk senantiasa menjaga tumbuhan dan satwa liar serta akan diberikan sanksi apabila melanggar. Selain itu juga seluruh karyawan wajib menjaga kawasan bernilai konservasi tinggi (NKT).