PT. Wijaya Sentosa

Environmental

PT Wijaya Sentosa telah memutuskan untuk mengimplementasikan standar pengelolaan hutan yang kredible baik mandatory maupun voluntary. Oleh karenanya harus memenuhi kegiatan pemantauan yang mencakup kondisi perusahaan secara umum. Kegiatan pemantauan yang telah dilaksanakan diharapkan dapat menggambarkan kondisi perusahaan untuk terus berbenah lebih baik.
RINGKASAN HASIL PEMANTAUAN

Dalam kerangka kerjanya PT Wijaya Sentosa menjalankan proses yang harus ditempuh untuk mewujudkan tujuan yang ingin dicapai. Komitmen untuk melestarikan hutan baik dari sisi produksi dan ekologi serta kesejahteraan sosial harus berlandaskan pada legalitas nasional dan internasional. 

PENGADAAN BIBIT DAN MONITORING PERTUMBUHAN

Untuk menjaga kelestarian hutan, PT Wijaya Sentosa melakukan kegiatan penanaman menggunakan bibit-bibit unggulan lokal. Maka dilakukan kegiatan pengadaan bibit untuk menunjang kegiatan tersebut. Khususnya untuk penelitian dan pengembangan bibit yang digunakan adalah bibit yang baik, bibit yang baik berasal indukan yang secara fenotipe dikatakan baik. Sehingga pada saat monitoring pertumbuhan, akan diketahui performa yang dihasilkan dari beberapa indukan sekaligus menjadi recording pohon induk. 





SAFETY PATROL

Safety Patrol merupakan proses pemeriksaan dengan seksama dan secara langsung terhadap pemenuhan peraturan yang terkait dengan K-3. Kegiatan dilakukan di areal kerja seperti blok tebangan, bengkel, jalan main road dan camp. ini dilakukan untuk melihat kondisi bengkel, mulai dari aspek K3 serta kerapihan bengkel. Hal ini dilakukan untuk mencegah dan meminimalisir adanya kecelakaan kerja dan pencemaran lingkungan, disisi lain efektifitas pekerjaan dapat tercapai. 



SAFETY TALK

Salah satu upaya agar terwujudnya sistem K-3 yang baik adalah dengan melakukan komunikasi terhadap karyawan terkait K-3. Dengan adanya komunikasi tersebut akan terbentuk kesadaran akan pentingnya mengindahkan K-3. Hal ini dilakukan untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja. Safety talk tidak hanya dilakukan sebelum adanya kecelakaan kerja tetapi juga setelah adanya kecelakaan untuk mengevaluasi agar tidak terulang kecelakaan kerja tersebut.


Kawasan lindung ditetapkan dengan fungsi utama melindungi kelestarian lingkungan hidup. Oleh karenanya, PT Wijaya Sentosa mengalokasikan sebagian dari arealnya untuk menjadi kawasan lindung. Upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan pengelolaan dan pemantauan pada kawasan lindung tersebut. Kegiatan pengelolaan dan pemantauan kawasan lindung dilakukan dengan menginventarisasi tumbuhan dalam petak ukur sesuai fase tumbuhnya (semai, pancang, tiang dan pohon). Selain itu juga dilakukan inventarisasi fauna seperti mamalia dan burung.

PENGELOLAAN DAN PEMANTAUAN KPPN





PENGELOLAAN DAN PEMANTAUAN SEMPADAN SUNGAI





PENGELOLAAN DAN PEMANTAUAN MANGROVE DAN HUTAN DATARAN RENDAH



PENGELOLAAN DAN PEMANTAUAN GOA DAN DANAU